Teks Ceramah tentang Pendidikan Indonesia saat Pandemi Covid 19

Teks Ceramah tentang Pendidikan – Pandemi covid 19 memberikan dampak luar biasa terhadap pendidikan di Indonesia. Meski kasus covid 19 sempat mereda, kini sekolah harus kembali menjalankan Belajar dari Rumah (BDR) karena varian baru, omicron.

Setiap pendidik (guru) dan peserta didik (siswa) mesti menjaga kesehatannya. Langkah utama mencegah penularan corona ialah menerapkan protokol kesehatan dengan 3 M. 3 M adalah memakai masker, menjaga jarak (jauh minimal 1 meter), dan rajin mencuci tangan.

Melalui teks ceramah yang singkat ini, kita ingin sampaikan tentang tantangan dunia edukasi Indonesia beserta cara antisipasinya. Bagaimana pun kondisinya, pelaksanaan pembelajaran tetap terus berjalan, walau secara daring (dalam jaringan).

Teks Ceramah tentang Pendidikan Indonesia

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, nasib pendidikan nampak timpang. Siswa yang bermukim dalam perkotaan, dapat mengakses materi pembelajaran dengan mudah. Sedangkan mereka (siswa) pedalaman, tidak bisa menerima materi dari teks, modul, atau media yang diberikan secara baik.

Kondisi ini bisa menurunkan grade / kualitas lulusan. Khawatirnya, dapat menjadikan pendidikan Indonesia kian mundur. Lalu, apa penyebab ketimpangan ini?

  • Pertama, Terbatasnya akses internet

Daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) ialah pihak paling terdampak. Faktornya ialah tidak punya HP, terbatasnya akses internet, serta harga kuota internet cukup mahal. Tak jarang, siswa tak mengikuti pembelajaran daring karena tidak memiliki akses internet memadai.

Pemerintah selaku pemegang kebijakan, seharusnya memberikan fasilitas jaringan pada daerah 3T. Selain itu, pemerintah juga perlu memberikan kuota internet subsidi bagi pelajar.

  • Kedua, Minimnya Pemahaman terhadap Materi Pembelajaran

Ketidakhadiran siswa saat proses pembelajaran, menjadikan dirinya tak dapat menerima materi belajar apapun. Pada masa serba terbatas seperti sekarang, pihak sekolah mesti aktif dalam memberikan pelayanan. Contohnya ialah home visit untuk pembinaan siswa, memberikan materi pembelajaran daring ke rumah siswa.

  • Ketiga, Kurangnya Interaksi serta Dialog antara Pendidik dan Peserta Didik

Pelaksanaan pendidikan secara daring terkesan seperti pembelajaran satu arah / monolog. Meski saling tatap muka via smartphone / laptop, pembelajaran interaktif tak mampu maksimal. Sebab, sebagian siswa tidak fokus kepada materi belajar, atau penyampaian materi belajar yang monoton serta tak menarik.

Jika terus dibiarkan, pendidikan Indonesia menjadi kian mundur. Karena, siswa belum menguasai kompetensi dasar dari setiap materi belajar.

Melalui teks ini, perlu kiranya setiap pendidik turut aktif mengajak siswa berdialog kala proses belajar mengajar. Selain itu, perlu juga memperbanyak referensi materi, mempelajari hal-hal viral, serta menyampaikan nilai moral.

  • Keempat, Terbatasnya Pengawasan dalam Proses Belajar Mengajar

Pada pelaksanaan PJJ, guru serta orangtua harus berperan aktif. Seorang guru tak akan mampu mengajar daring jika peserta didiknya masih molor karena asyik semalaman main game. Peran orangtua dalam pengawasan sangatlah dibutuhkan, meski sekedar membangunkan tidur anaknya.

Orangtua juga perlu mengecek kehadiran anaknya saat proses belajar mengajar. Bukan sebaliknya, mengajak anaknya bolos belajar, demi membantunya berjualan atau bekerja pada suatu tempat.

Apakah salah mengajak anak bekerja? Tidak, selama tidak mengganggu kewajiban utamanya sebagai siswa.

Kesimpulan

Nasib pendidikan Indonesia adalah tanggung jawab kita bersama. Setiap pihak terkait, mesti berperan aktif agar nasib negara kita kian maju. Di tengah keterbatasan, hendaknya kita kreatif dalam mensiasatinya, agar pembelajaran tetap bisa terus berjalan. Mengajak anak untuk bekerja bukanlah solusi, namun applause bagi orang tua yang mau memberinya kesempatan untuk berprestasi.

Semoga contoh teks ceramah ini bermanfaat, ya. Terimakasih.

About admin

EZPedia.org adalah blog kumpulan trik EZ, hadir untuk membantu permasalahan yang kerap dialami oleh masyarakat. Temukan beragam trik EZ hanya di EZPedia.org

Tinggalkan Balasan