komponen-genset-dan-fungsinya-yang-perlu-anda-tahu

Mengetahui komponen genset dan fungsinya akan membuat Anda mengerti cara kerja dari generator set atau genset. Jika Anda ingin mengetahui Harga Genset Kecil, maka Anda wajib mengetahui bagian-bagian genset dan fungsinya terlebih dahulu. Tujuannya, untuk membantu Anda jika suatu saat terjadi masalah pada genset Anda.

Komponen Genset dan Fungsinya

Genset atau generator set merupakan motor penghasil listrik yang biasanya digunakan sebagai sumber energi listrik ketika kondisi listrik mati. Berikut adalah beberapa komponen genset dan fungsinya yang perlu Anda tahu:

  1. Motor

Salah satu komponen utama genset adalah motor. Motor merupakan bagian genset yang berputar untuk mengubah energi mekanik menjadi energi listrik dengan bantuan generator.

Motor pada genset terbagi menjadi beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan bahan bakarnya. Umumnya bahan bakar motor pada genset bisa berupa bensin, solar, propana, biogas, dan metana.

  1. Cooling System

Sistem pendingin merupakan komponen genset yang memiliki fungsi untuk membuang panas yang berasal dari aktivitas mesin pada genset. Cooling system ini akan membantu untuk menjaga genset Anda agar tidak cepat rusak.

Secara umum, ada dua jenis cooling system yang biasanya dipakai pada genset, yaitu air cooled system dan water cooled system.

  1. Generator

Generator atau alternator merupakan komponen dinamo yang ada dalam genset. Dinamo merupakan bagian mesin yang di dalamnya terdapat lilitan kawat tembaga dengan magnet. Generator juga merupakan komponen genset yang berfungsi untuk mengalirkan elektron yang berguna untuk menghasilkan energi listrik.

  1. Fuel System

Fuel System adalah salah satu komponen genset dan fungsinya untuk menyalurkan bahan bakar menuju bagian motor. Sistem bahan bakar ini juga berperan untuk menjaga kelancaran proses penyaluran bahan bakar dan pengolahan gas buang hasil pembakaran dari mesin genset.

  1. Control Panel

Control panel merupakan panel penghubung antara mesin genset dan operator. Sesuai namanya, control panel berfungsi untuk memonitor dan mengendalikan fungsi mesin genset.

  1. Radiator

Radiator merupakan komponen genset yang dilengkapi dengan sistem pendingin air. Fungsi dari radiator adalah untuk menstabilkan suhu mesin dan memastikan mesin tidak berjalan melebihi suhu normalnya.

  1. Skid

Skid merupakan bagian rangka yang menopang semua komponen genset. Material komponen skid biasanya terbuat dari baja solid yang kokoh dan kuat untuk menopang semua komponen penting pada genset tersebut.

Sudah Tahu Apa Saja Komponen Genset dan Fungsinya?

Beberapa komponen genset dan fungsinya tersebut merupakan elemen yang saling terhubung dan bekerja sama. Jika salah satu komponen mengalami kerusakan maka akan berdampak pada komponen lainnya.

Oleh karena itu, penting sekali untuk memahami cara kerja dari masing-masing komponen genset. Jadi, sudah paham apa saja komponen genset?

ditulis oleh

admin

EZPedia.org adalah blog kumpulan trik EZ, hadir untuk membantu permasalahan yang kerap dialami oleh masyarakat. Temukan beragam trik EZ hanya di EZPedia.org