Cara Jualan di Lazada untuk Pemula

Cara Jualan di Lazada – Lazada adalah toko online terkemuka di Indonesia. Lazada adalah toko online perintis di beberapa negara dengan pertumbuhan tercepat di dunia, menyediakan pengalaman belanja online yang cepat, aman, dan nyaman. Sebagai toko online terbaik, Lazada menawarkan ribuan produk terupdate setiap harinya.

“Belanja gak Pake Ribet” adalah slogan Lazada Indonesia yang memberikan solusi belanja online yang nyaman bagi masyarakat Indonesia.

Lazada memberikan peluang untuk pemasaran dan penjualan produk secara online kepada masyarakat luas. Anda dapat dengan mudah mendapatkan penghasilan melalui Lazada tanpa dibatasi oleh waktu. Dengan dukungan pemasaran 100%, Anda dapat dengan mudah mengelola stok barang kapan saja, di mana saja. Ingin tahu cara jualan di lazada? Yuk scroll terus sampai akhir.

[maxbutton id=”3″ ]

Cara Jualan di Lazada untuk Pemula 100% Gratis

Sebelum kita pergi jauh menuju cara jualan di Lazada, setidaknya Anda sudah memiliki akun dan memenuhi persyaratan sebagai penjual di salah satu marketplace terbaik Indonesia ini.

1. Cara Mendaftar sebagai Seller di Lazada

  • Kunjungi lazada.co.id atau link lzd.co untuk menjadi penjual
  • Klik tombol “menjadi seller”
  • Klik untuk “Daftar sebagai penjual sekarang”
  • Isi data yang diperlukan dan geser verifikasi.
  • Isikan data seperti Nama Toko, Email, No HP, dan Password.
  • Tunggu SMS berupa kode unik dari Lazada, silakan masukkan kode ke kolom yang tersedia.
  • Geser tombol untuk verifikasi.
  • Centang Syarat & Ketentuan Perjanjian Marketplace Lazada.
  • Klik Daftar.
  • Selesai.

Data apa saja yang diperlukan?

  1. Perorangan : KTP & Buku tabungan yang harus sama pemiliknya
  2. Perusahaan : izin usaha, NIB dan buku tabungan yang pemiliknya sama

Jika sudah memenuhi syarat, jangan lupa untuk membaca dan memahami syarat-syarat perjanjian di lazada ya.

Ada 3 pilihan untuk mendaftar sebagai penjual di Lazada:

  1. Penjual LazMall
  2. Penjual Lazada (Lokal/Indonesia)
  3. Penjual LazGlobal

Silakan pilih salah satunya untuk mendaftarkan Lazada sebagai penjual, namun jika Anda hanya ingin menjual produk di Indonesia saja, silakan pilih “Daftar Sebagai Penjual Lazada”.

2. Cara Unggah Produk di Lazada

Setelah toko Anda telah berhasil didaftarkan, sekarang saatnya Anda upload produk di Lazada. Masuk ke akun pusat penjual Lazada Anda, lalu :

  • Klik menu produk > Tambah produk.
  • Isi detail produk secara lengkap.
  • Nama Produk
  • Isi Kategori
  • URL Video (jika ada)
  • Atribut produk (merek, jenis, bahan, tema)
  • Deskripsi produk secara terperinci
  • Maksimalkan dengan hashtag yang sesuai dengan produk
  • Perubahan produk (warna, ukuran)
  • Gambar produk (minimal 3)
  • Harga
  • Persediaan
  • Garansi (jika ada)
  • Berat dan dimensi
  • Setelah selesai, klik tombol kirim.
  • Selesai.

Di kala produk Anda telah dipublis, saatnya mengoptimalkan produk di toko Anda. Pada dasarnya, mengoptimalkan postingan produk adalah hal mendasar yang mesti dikerjakan setelah upload produk di Lazada.

3. Cara Optimasi Konten Produk di Lazada

Bagaimana cara jualan online di Lazada dan mengoptimalkan postingan produk?

  • Judul Produk

Kriteria judul yang bagus untuk produk di Lazada, ialah jelas dan singkat. Jelas, artinya ada informasi tentang merek, model, dan tipe. Singkat, artinya tidak lebih dari 15 kata. Gunakan rumus: Merk + Model + Tipe + Ukuran.

  • Kategori Produk

Kita mesti paham bahwa sebagian besar pengguna (calon pembeli) mencari produk melalui menu kategori di aplikasi atau di web.

Mereka sudah terbiasa berbelanja dengan memfilter kategori produk yang mereka cari. Jika Anda salah mengisi kategori, maka produk Anda mungkin tidak memenuhi target. Bagaimana caranya?

  1. Gunakan saran kategori yang disediakan oleh algoritma Lazada
  2. Lihatlah toko terlaris lainnya dan salin cara mereka menggunakan kategori produk.
  • Edit Deskripsi Produk, Tuliskan secara Panjang

Apa saja yang perlu kita bahas pada deskripsi produk?

  1. Keunggulan produk.
  2. Manfaat yang diterima.
  3. Bahan utama produk.
  4. Cara menggunakan produk.
  5. Garansi (jika ada).
  • Mengisi Informasi atribut

Atribut disebut juga spesifikasi produk. Misalnya merek, model, pola, bahan dan spesifikasi detail lainnya. Cara mengisi atribut sangat sederhana.

  1. Setelah mengisi deskripsi, gulir ke bawah dan sorot ke bagian spesifikasi.
  2. Isikan atribut kunci berupa merek dan model/tipe.
  3. Isi atribut tambahan berupa pola, bahan, dll.
  • Mengisi Gambar produk

Tambahkan foto beresolusi tinggi yang jelas. Di Lazada, upload minimal 1 foto dan upload maksimal 8 foto. Saran terbaik adalah 3 foto. Upayakan foto yang diupload adalah sebagai berikut :

  1. Ada latar belakang yang jelas, seperti putih.
  2. Resolusi gambar tinggi, minimal 500×500 piksel.
  3. Ada banyak metode pemotretan, dari depan, samping, belakang, dan atas.
  4. Rasio gambar yang baik adalah 1:1.

Cara Jualan di Lazada : Mulai Jualan Online

Sekarang toko Anda sudah siap dan menunggu pembeli datang. Di awal buka toko online, Anda biasanya tidak langsung mendapatkan pembeli. Hal semacam ini sangat wajar. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang hal itu.

Ketika Anda menerima pesanan pembeli, harap segera siapkan barang yang dibutuhkan. Gunakan jasa pengiriman atau ekspedisi untuk mengirim segera. Anda seharusnya tidak membuat pelanggan menunggu.

Selalu jual produk berkualitas yang sesuai dengan deskripsi produk di toko. Jangan sampai Anda mengirimkan produk yang berbeda, karena konsumen akan merasa tertipu.

Cara Jualan di Lazada dan Meningkatkan Omset Penjualan

  • Kelola umpan balik pelanggan Anda secara aktif

Sebagian besar pelanggan mengandalkan ulasan produk sebelum melakukan pembelian. Selalu periksa setiap umpan balik yang diberikan, baik positif maupun negatif, dan kelola secara aktif untuk menjaga reputasi yang baik untuk peringkat produk Anda.

Meninjau umpan balik pelanggan Anda secara konsisten akan memastikan bahwa bisnis Anda menikmati reputasi yang baik.

  • Manfaatkan diskon dan promosi pada peluncuran produk

Saat pertama kali membuat daftar produk di Lazada, Anda akan memulai dari awal. Anda tidak memiliki ulasan produk dan riwayat penjualan. Tidak mudah untuk meyakinkan orang bahwa daftar produk yang terlihat seperti ini tidak mudah.

Pembeli sangat menyukai diskon dan promosi. Gunakan dua senjata ini untuk menarik pembeli. Anda dapat menawarkan diskon untuk produk tertentu. Selain itu, Anda juga dapat menawarkan promosi beli satu dapat satu.

  • Kelola harga Anda secara aktif

Harga adalah faktor dasar yang pelanggan putuskan untuk membeli, terutama di Asia Tenggara.

Ketika Lazada menampilkan dua produk yang identik (termasuk peringkat/ulasan dan peringkat penjual), pelanggan pasti akan memilih salah satu dengan harga terendah. Produk Anda harus siap menandingi produk penjual lain.

  • Mengutamakan kepuasan pelanggan

Sangat bermanfaat untuk menyediakan pelanggan dengan layanan pelanggan berkualitas tinggi. Ini adalah bagaimana Anda terhubung dengan pelanggan dan mengubah pembeli pertama kali menjadi pelanggan tetap.

Selalu memberikan bantuan terbaik dan diperkuat dengan ulasan bintang 5 dan ulasan penjual yang positif.

  • Selalu Menjadi Seller yang Fast Response

Lazada menyediakan fungsi chat untuk menghubungkan pembeli dan penjual. Biasanya calon pembeli menggunakan fitur ini untuk menanyakan spesifikasi produk secara lebih mendalam. Fungsi chat juga menjadi media untuk berdiskusi apakah ada masalah.

Kami menyarankan Anda untuk merespon pembeli lebih cepat. Saat Anda merespons chat mereka dengan cepat, calon pembeli akan merasa senang dan bersyukur.

Alasan Jualan Online di Marketplace Ini

Berikut ini adalah beberapa alasan utama mengapa Anda perlu memantapkan diri dan mulai jualan online di Lazada.

  • No. 1 di Asia Tenggara

Marketplace ini hampir menguasai wilayah Asia Tenggara, buktinya aplikasi Lazada telah diunduh sebanyak 100 juta kali. Selain itu, aplikasi ini kerap muncul di mesin pencarian pertama, baik di Google Play Store dan AppStore. Jumlah kunjungannya juga paling tinggi.

Bahkan di negara kita, Lazada masih menduduki peringkat kedua di PlayStore dan peringkat ketiga di AppStore. Jumlah kunjungan website mencapai 24 juta per bulan.

Secara keseluruhan, Lazada menduduki peringkat keempat sebagai marketplace terbesar di Indonesia.

  • Dukungan untuk Seller yang Optimal

Pihak Lazada dalam mengembangkan usahanya sangat memperhatikan kondisi sellernya. Mereka memiliki setidaknya 4 layanan yang sangat membantu seller Lazada, yaitu:

  1. Universitas Lazada. Kursus online khusus untuk pemilik toko. Hanya penjual terdaftar yang dapat mengakses kursus ini secara gratis.
  2. Lazada Customer Care. Departemen layanan terpadu Lazada dapat merespon dengan sangat fleksibel setiap keluhan dari pembeli dan penjual. Semua pertanyaan dijawab di halaman pusat bantuan. Kalaupun kurang jelas, tim CS siap membantu kami dengan cepat.
  3. Connect with Lazada. Semua anggota, baik penjual atau pembeli, dapat terhubung dalam forum bernama DingTalk. Di sini, kita bisa saling berbagi, bertanya, dan saling membantu.
  4. Lazada Service Marketplace. Hal ini juga unik. Sebagai pemilik toko, Anda dapat memesan optimasi toko, konten produk, foto produk, dan layanan apa pun yang terkait dengan Lazada.

Bagaimana LAZ Menindak Penjual Nakal?

Dengan meningkatnya transaksi e-commerce, penjual nakal bermunculan. Biasanya penjual ini akan menawarkan barang palsu kepada pembeli. Perusahaan e-commerce juga sering menjumpainya dan langsung mengambil tindakan terhadap penjual yang nakal. Misalnya, Lazada sering mengurangi atau membatalkan unggahan produk yang dijual oleh penjual nakal.

Jika jumlah poin pinalti penjual melebihi 4,8, Lazada akan langsung mengurangi postingan produk yang dijual, atau bahkan menutup toko online penjual nakal tersebut.

Kesalahan yang Kerap dilakukan Seller

  • Tidak ada riset produk/pesaing

Banyak penjual baru membuat akun penjualan dan kemudian mencantumkan semua produk mereka. Kemudian mereka akan menganggap bahwa pekerjaan mereka telah selesai dan penjualan akan mulai berdatangan.

Penjual nyatanya harus mulai melacak produk yang serupa dengan mereka, namun rating mereka lebih baik. Dengan melihat produk pesaing, kita dapat memahami strategi apa yang mesti dilakukan selanjutnya.

Contoh instrumen yang perlu dianalisa :

  1. Apa yang membuat produk pesaing ini laris manis?
  2. Apakah citra produk mereka bagus, dan apakah citra saya sebanding?
  3. Kata kunci apa yang tampaknya mereka gunakan dalam judul dan poin-poin?
  4. Bagaimana mereka menggambarkan produk sehingga pelanggan tahu apa yang mereka dapatkan dan tidak akan mengembalikannya?

Setelah mengajukan pertanyaan ini, Anda harus mencoba membuat daftar produk yang lebih baik dari pesaing Anda.

Barangkali, ini dahulu sekilas seputar cara jualan di Lazada untuk pemula. Semoga Anda menjadi bisnismen yang sukses di kemudian hari ya, aamiin. jangan lupa ikuti postingan terbaru terkait trik EZ untuk membantu kesulitan Anda, hanya di EZpedia.org.

About admin

EZPedia.org adalah blog kumpulan trik EZ, hadir untuk membantu permasalahan yang kerap dialami oleh masyarakat. Temukan beragam trik EZ hanya di EZPedia.org

Check Also

kegunaan instagram untuk seo website

Kegunaan Instagram untuk SEO Website

Optimasi mesin pencari (SEO) adalah suatu proses membuat blog Anda bisa terlihat oleh mesin pencari …

Tinggalkan Balasan