Cara Berjualan di Tokopedia untuk Pemula

Cara Berjualan di Tokopedia – Tidak sulit untuk menjadi seorang pengusaha saat ini. Kini, Anda tidak perlu lagi menyewa ruko mahal-mahal untuk jualan. Sebab, Anda bisa menggunakan berbagai platform e-commerce untuk jualan online, salah satunya Tokopedia.

Saat ingin berjualan di Tokopedia, Anda tidak perlu memungut biaya sepeser pun alias gratis. Jadi, semua orang bisa mulai berjualan di Tokopedia.

Tokopedia memungkinkan seseorang untuk berjualan secara online, siapapun bisa menawarkan produk yang diupload lengkap dengan foto produk dan harga. Jika baru pertama kali ini Anda ingin berjualan di e-commerce, yuk ikuti cara berjualan di tokopedia di bawah ini.

[maxbutton id=”2″ ]

Cara Berjualan di Tokopedia dengan Mudah

Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan saat mulai berjualan di Toped. Jangan khawatir, langkah-langkahnya mudah dipahami. Kamu bisa langsung praktek berjualan di salah satu marketplace terbaik di Indonesia ini.

Langkah-langkah Jualan Online di Tokopedia

  • Buat Akun Tokopedia

Daftar akun Tokopedia sangatlah mudah bisa menggunakan akun Google, Facebook, Email atau Nomor Ponsel. Tentu kamu sudah tidak asing saat mendaftar akun, bukan? Kita akan berikan salah satu cara daftar akun toped yang paling mudah yakni daftar akun dengan Google.

  1. Cara Daftar Akun Tokopedia dengan Google sangatlah simpel.
  2. Klik daftar di pojok kanan atas homepage tokopedia,
  3. Pilih daftar dengan google,
  4. Pilih akun Google yang ingin kamu daftarkan.

Mudah banget yak? Yuk lanjut pada bahasan utama kita, cara berjualan di tokopedia.

  • Buka Toko di Tokopedia

  1. Klik “Buka toko gratis”.
  2. Tentukan nama toko yang unik.
  3. Isi informasi toko lengkap.
  4. Isi informasi jasa pengiriman terbaik.
  5. Pilih jasa kurir terdekat.

Selesai! Toko Anda aktif dan berhasil dibuka.

  • Unggah Produk Unggulan Anda
  1. Klik “Tambah Produk”.
  2. Unggah foto produk yang menarik.
  3. Isi nama dan kategori produk secara detail.
  4. Tentukan harga produk yang kompetitif.
  5. Informasi produk secara lengkap dan jasa pengiriman.
  6. Simpan produk unggulan Anda.
  • Giat Mempromosikan Produk Unggulan
  1. Lakukan promosi murah dan mudah di media sosial. Bagikan produk dan ulasan pembeli di media sosial Anda untuk menarik lebih banyak pengunjung toko.
  2. Buat promosi unik. Anda bisa menggunakan promo beli satu gratis satu, harga spesial 1 paket produk, atau promo cash back.
  3. Manfaatkan fitur gratis Tokopedia. Coba gunakan fitur kupon toko untuk memberikan promosi kepada pembeli.
  4. Anda juga dapat mempromosikan produk melalui “Buat Post” di fitur feed yang tersedia.

Eits, jangan beranjak jauh terlebih dahulu. Ada beberapa fitur penting yang mesti dipahami oleh setiap seller tokopedia.

  1. Memanfaatkan kolom pencarian di kala menemui masalah saat jualan online di Toped
  2. Aktif mengikuti informasi ‘Penting Hari Ini’. Fitur Toped ini berisikan rangkuman informasi penting yang harus kamu selesaikan pada hari itu juga agar performa toko kamu terus meningkat.
  3. Rajin Meninjau Statistik toko. Fitur ini menginformasikan berapa banyak produk yang terjual, serta pendapatanmu hari ini. Selain itu, fitur ini berguna untuk menyusun laporan keuangan toko dan strategi bisnis ke depannya.
  4. Memaksimalkan Performa Toko. Fitur ini sangat berguna karena berisikan saran dari tokopedia untuk seller agar pelayananmu bisa meningkat.
  5. Aktif dalam memantau produk terlaris terjual dan update stok produk secara berkala.

Tips Bikin Pembeli Betah Belanja di Toko Online Anda

  1. Ramah dalam Memberikan Pelayanan
    Terkadang ada calon pembeli yang sering bertanya, ada juga yang membalas dengan singkat. Maka, hendaknya kamu membalas chat pembeli adalah dengan ramah. Agar semua tipe pembeli betah scroll stok dan akhirnya belanja di tokomu.
  2. Memberikan Informasi Lengkap dan Detail
    Sebagai administrator, Anda harus memilih dengan bijak informasi apa yang akan diberikan kepada pembeli. Jika informasi tersebut bermanfaat bagi pembeli dan memungkinkan dia untuk berbelanja di toko Anda, jangan ragu untuk memberi tahu.
  3. Memberikan saran ketika pembeli bertanya
    Beberapa calon pembeli sudah tahu apa yang ingin mereka beli ketika mereka mengunjungi toko Anda. Namun, ada juga pembeli yang masih ragu atau tidak yakin dengan apa yang akan dibeli. Tidak ada salahnya memberikan nasehat kepada mereka. Teknik ini juga berguna jika produk yang diminta pembeli Anda habis.
  4. Anda Selalu Orang yang Mengakhiri pesan balasan terakhir
    Usahakan menjadi orang terakhir yang membalas chat pembeli. Meskipun pembeli merespons secara singkat atau dengan emoji, Anda tetap harus merespons.

Mengapa Anda perlu cepat menanggapi chat masuk dari pembeli?

Jika chat kamu mendapat respon yang cepat, tentu kamu menginginkannya kan? Nah, pembeli juga sama. Jika Anda dapat merespon pesan dengan cepat, pembeli pasti akan lebih percaya diri dan puas dengan layanan toko Anda. Tidak menutup kemungkinan pembeli tersebut akan menjadi pelanggan setia Anda.

Selain itu, performa harian tokomu akan meningkat drastis. Jangan sungkan untuk berikan pembeli layanan terbaik setiap saat, ya!

Cara Berjualan di Tokopedia yang Sukses Bahkan di Bulan Pertama

  • Memperbanyak Traffic Masuk ke Toko Anda

Secara singkat, Traffic adalah jumlah kunjungan ke toko. Kebanyakan penjual baru merasa sulit untuk meningkatkan lalu lintas toko mereka. Meningkatkan lalu lintas harus dimulai dengan mengeksplor bisnis Anda secara lebih luas. Semakin luas ruang lingkup bisnis Anda, semakin banyak lalu lintas yang akan diperoleh toko Anda. Anda dapat membangun lalu lintas dengan cara berikut:

  1. Promosikan ke Orang-orang di Dekat Anda
    Anda dapat menggunakan orang-orang terdekat Anda (seperti orang tua, teman, atau kolega) untuk mempromosikan produk atau toko Anda lebih luas. Dengan cara ini, jangkauan lalu lintas toko Anda akan mulai meningkat.
  2. Posting Produk Unggulan di Akun Media Sosial
    Anda dapat mulai menggunakan forum, grup Facebook, atau komunitas online untuk memperkenalkan produk dan toko Anda. Gunakan tautan toko setiap kali Anda memposting.
  • Gunakan Iklan Berbayar

Untuk menghasilkan uang, Anda juga harus rela mengeluarkan uang. Melalui iklan berbayar, Anda dapat mempromosikan produk Anda ke target pasar yang lebih spesifik. Hal ini tentunya akan membuat iklan Anda lebih efektif dan efisien.

Di Tokopedia, Anda bisa menggunakan fitur TopAds, yaitu fitur berbayar untuk mempromosikan toko dan produk Anda. Saat menggunakan TopAds, produk Anda akan muncul di halaman hasil pencarian, kategori, dan daftar populer. Produk Anda akan lebih mudah dilihat oleh pelanggan. Dengan cara ini, kesadaran konsumen terhadap toko Anda akan meningkat.

Jika Anda ingin produk Anda melejit penjualannya, tidak salahnya untuk mencoba untuk membuat iklan. Bisa dengan cara iklan di Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads, bahkan Backlink.

Beriklan di platform Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads sudah ramai digunakan. Tapi cara iklan produk dengan backlink jarang digunakan orang, padahal cara ini lebih terjangkau dan juga mampu meroketkan penjualan produk. Silakan hubungi admin EZPedia.org jika anda ingin tahu cara iklan produk dengan backlink.

  • Buat dan Bagikan Konten Menarik

Saat membuat konten, Anda bisa menambahkan hashtag atau slogan yang memiliki ciri khas produk dan toko, seperti #kaummilenial #produkasliindonesia #produkdalamnegeri dan lainnya. Setelah berhasil membuat konten, sebarkan ke semua audiens. Agar dapat mencakup semua audiens, Anda dapat melakukannya dengan cara berikut:

  1. Gunakan Endorser
    Endorser adalah figur publik yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk. Juru bicara ini biasanya memiliki banyak pengikut di media sosial dan disambut oleh follower setianya. Anda dapat menggunakannya untuk mempromosikan produk secara luas. Seringkali, endorser juga akan mengundang pengikut mereka untuk membeli produk Anda, sehingga meningkatkan penjualan. Juru bicara ini dapat berupa artis, blogger, selebriti, dll.
  2. Membangun Kemitraan
    Anda juga bisa mencoba menjalin kerjasama dengan toko lain. Biasanya mereka akan mempromosikan toko atau produk Anda di akun toko mereka. Dengan cara ini Anda dapat menjangkau konsumen yang dimiliki oleh mitra.
  • Evaluasi dan Perbaikan

Setelah berhasil melakukan setiap langkah di atas, pastikan untuk selalu mengevaluasi langkah-langkah tersebut. Hal ini untuk memastikan bahwa langkah yang diambil cocok dengan visi Anda. Jika Anda masih merasa kurang atas hasil yang diperoleh, silakan coba tingkatkan segala upaya untuk menerapkan strategi ini.

Di Tokopedia, Anda dapat memantau jalannya bisnis Anda melalui fungsi statistik. Fitur ini membantu Anda melihat hasil yang diperoleh dari strategi yang Anda jalankan.

Oleh karena itu, sebagai penjual baru, Anda tidak perlu lagi takut bersaing dengan kompetitor Anda. Ikuti 4 langkah di atas dan peluang penjualan Anda pasti akan meningkat!

Cara Berjualan di Tokopedia untuk Pemula

  • Pilih produk yang ingin Anda jual

Langkah pertama untuk mulai berjualan online adalah memilih produk yang ingin dijual. Namun, jangan asal memilih produk yang Anda jual, Anda perlu mengetahui produk mana yang berpeluang laris di pasaran dan diburu pembeli. Simak tips di bawah ini untuk memilih produk yang akan dijual.

  • Mulailah Menjual Produk yang sudah Anda Ketahui

Luangkan waktu untuk memikirkan hal-hal yang paling Anda sukai, ketahui dan kenali dengan baik.

Pengetahuan dan pengalaman Anda adalah poin tambahan yang dapat Anda gunakan untuk menjelajahi kategori produk. Anda juga dapat menemukan banyak inspirasi dari tag media sosial seperti Instagram atau Pinterest.

  • Periksa Kembali peraturan produk yang boleh dijual di Tokopedia

Setelah Anda menentukan produk yang ingin Anda jual, periksa dengan cermat peraturan dan larangan yang berlaku untuk produk tersebut. Ini sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Periksa legalitas dan persyaratan produk impor, produk lokal atau buatan sendiri.

Cari tahu apakah produk tersebut mengandung bahan yang dilarang oleh negara, terutama kosmetik dan makanan. Ini untuk mencegah Anda menghabiskan banyak uang dan waktu jika Anda menemukan bahwa produk dan bisnis Anda ilegal.

Di bawah ini adalah 5 produk yang dilarang di Tokopedia.

  1. Alat tes COVID-19
  2. Pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual
  3. Produk MLM
  4. Produk dewasa dan pornografi
  5. Produk ilegal dan berbahaya
  • Pilih Produk yang paling Diminati

Anda dapat memilih produk yang sedang naik daun, sehingga memudahkan Anda untuk menarik pembeli ke toko Anda.

  • Menilai Kelayakan Pasar

Jika Anda sudah memutuskan produk apa yang ingin Anda jual dan produk tersebut tidak melanggar peraturan, maka inilah saatnya untuk mengevaluasi potensi dan minat pasar. Cara termudah adalah dengan mengecek media sosial seperti Twitter, atau mengecek review produk dari berbagai blog atau forum.

  • Unggah Produk Unggulan yang sudah Dipilih

Setelah memutuskan ingin menjual apa, kini Anda hanya perlu menyiapkan foto, deskripsi dan keterangan produk. Pastikan semuanya lengkap ya.

5 hal yang perlu Anda persiapkan sebelum menambahkan produk

Sebelum menambahkan produk, Anda harus terlebih dahulu menyiapkan 4 hal berikut agar pembeli dapat dengan mudah menemukan produk yang Anda tambahkan.

  1. Foto produk yang menarik perhatian pembeli
  2. Nama produk dengan rumus : jenis/kategori + merk + keterangan, memudahkan pembeli untuk mencarinya
  3. Deskripsi produk yang jelas
  4. Harga yang kompetitif dan bersaing
  5. Jaminan kualitas produk yang original

Barangkali, ini dahulu yang bisa EZPedia bagikan tentang cara berjualan di Tokopedia. Jangan lupa untuk terus vantau postingan terbaru kami untuk menambah wawasan ya. Terimakasih.

About admin

EZPedia.org adalah blog kumpulan trik EZ, hadir untuk membantu permasalahan yang kerap dialami oleh masyarakat. Temukan beragam trik EZ hanya di EZPedia.org

Check Also

kegunaan instagram untuk seo website

Kegunaan Instagram untuk SEO Website

Optimasi mesin pencari (SEO) adalah suatu proses membuat blog Anda bisa terlihat oleh mesin pencari …

Tinggalkan Balasan